IELTS bagi saya adalah tes kemampuan Bahasa Inggris yang cukup mahal. Sehingga perlu persiapan matang untuk itu. Kita bisa les, atau belajar secara mandiri. Cara belajar IELTS mandiri kalau menurut saya sangat bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa hal tips dan trik atau cara belajar IELTS mandiri.

Sebelum itu, pasti sudah tahu harga tes IELTS kan? Di IALF itu 2,85 juta sedangkan di British Council Rp. 2,9 juta. Kalau ikut bimbingan belajar, keluar lagi deh uang kita. Tarif bimbingan atau les bisa hingga 4 atau 5 juta. Mending dihemat untuk mempersiapkan IELTS selanjutnya atau ditabung untuk keperluan hal lain. Oleh karena itu, saya share cara belajar IELTS mandiri hasil pengalaman saya selama 2 bulan belajar.

  1. Komitmen

Hal paling utama dalam belajar secara otodidak adalah komitmen dan niat. Sebarapa kuat niat kita untuk belajar sendiri, seberapa besar kenginan kita untuk belajar juga merupakan hal yang penting pula. Karena mau tidak mau kita sendirilah yang memvotivasi diri sendiri saat kita malas.

  1. Knows Your Strengths and Weaknesses

Ketahui seberapa bagus kemampuan Bahasa Inggris kita. Hal yang pertama saya lakukan saat belajar IELTS adalah tes pribadi dari awal hingga akhir. So, find your perfect spot and time and start doing your own IELTS test simulation. Dari sini kita akan tahu berapa skor kita dan kira-kira area mana yang perlu ditingkatkan.

  1. Mulai dengan Tujuan Akhir

Begin with the end in mind, tentukan tujuan akhir. Nyatakan sbrapa skor yang ingin kita dapatkan. Buatlah goal satu persatu skor di setiap bagian IELTS. Tidak harus kamu catat, bisa kamu angan-angan saja. Jika target kamu adalah 6.5, maka kamu harus memiliki skor minimal 6.5 disetiap bagian. Menyatakan goal diawal akan memberikan kita sense of direction.

  1. Buat Study Plan

Setelah tahu tujuan akhirnya apa, buatlah study plan. Tentukan waktu setiap hari berapa jam untuk belajar. Tidak harus lama-lama. Saya dulu setiap hari minimal mengerjakan minimal satu jam satu section dan satu jam lagi untuk review. Kalau sedang menganggur kadang dua section.

Fokuskan bagian mana yang ingin diperbaiki. Apakah listening, reading, writing atau speaking.

Kalau dulu saya fokuskan ke reading sambil yang lain jalan, namun saya tidak terlalu megang writing, pokoknya dulu saya nilai pas saja, seperti itu.

Baca juga :

 

  1. Buku

Buku di dalam proses belajar otodidak IELTS atau belajar mandiri IELTS sangat penting. Pilihlah buku yang disertai jawaban dan memang didesain untuk belajar mandiri. Buku favorit saya adalah The Official Cambridge Guide to IELTS dan latihan-latihan dari Examination Papers Cambridge IELTS. Dua buku ini sudah sangat cukup. Karena yang membuat dari Cambridge, maka buku yang official seperti ini sudah sangat mewakili.

Download FREE IELTS starter pack

BUY the book here

Download Answer Sheet Sample

Download the book here

  1. Other resources

Selain buku, siapkan resource lain. Banyak buku dan hal-hal lain seperti audiobook, video, website belajar dan website yang berisi tips-tips untuk menunjang persiapan IELTS. Tujuan utama kita adlaah IELTS dan sebisa mungkin kita kondisikan lingkungan kita seperti Inggris beneran.

Kita bisa mendengarkan podcast dari Hp, audiobook, atau menonton video dari TED. Video dari youtube yang memperlihatkan contoh speaking benar-benar vide yang sangat bagus sekali. Selain itu ada juga website-website pendukung IELTS yang sangat ampuh menolong kita. Ini adalah list website yang sangat membantu.

  1. IELTS Online Course

Disini kita bisa mengikuti kursus online mengenai IELTS yang sangat berguna sekali. Gratis untuk enam Minggu. Saya sebenarnya mendaftar, namun jarang saya gunakan (sorry).

  1. IELTS Materials

IELTS Materials ini merupakan website tentang IELTS favorit saya karena isinya lengkap sekali. Saya belum menemukan website yang sangat ekstensif untuk IELTS kecuali disini.

  1. Website untuk Tips

Banyak website untuk tips-tips IELTS seperti apa. Berikut listnya. Website ini cukup membantu saya dalam writing karena memberikan contoh seperti apa writing yang bagus dan kosakata apa saja yang harus digunakan.

  1. Youtube IELTS Speaking Test

Ada banyak link untuk video-video Speaking test. Ini adalah contoh playlist dari Speaking test.

PLAYLIST

       7. Latihan Terus

Sifat yang paling penting dalam belajar secara otodidak adalah determination dan juga proactive. Kita tidak ada guru, maka aktif-aktif lah bertanya dengan orang. Jika pemalu, cari materi di youtube dan di website yang saya sediakan diatas. Latihan lah terus menerus. Meski skor masih rendah, tapi kalau terus mencoba pasti bisa. Setelah latihan, cari kesalahannya apa dan belajar dari kesalahan itu. Ada banyak materi di internet dan kita harus bijak menggunakannya.

Semoga tips ini bisa membantu kalian yang sedang berjuang meraih mimpi.

Baca juga :

My name is Manaf, a full time learner. Passionate about sustainable development, environment, and youth education.

6 Thoughts on “Cara Belajar IELTS Mandiri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *