Senin, 13 Mei lalu saya pergi ke imigrasi untuk memperpanjang passport. Dua Minggu sebelumnya sudah browsing untuk persyaratan perpanjangan paspor dan infonya simpang siur. Ada beberapa web yang tidak menyebutkan secara detail bagaimana cara perpanjangannya. Kalau ada pun tidak terlalu yakin itu benar apa tidak jadi disini saya akan sharing pengalaman perpanjangan paspor di Bali Mei 2019.

Sebelumnya saya hebih sendiri, sempat tanya ke KANIM Surabaya untuk persyaratannya namun jawabannya tidak memuaskan, bikin saya bingung karena syaratnya seperti syarat pembuatan paspor pertama kali. Ada KK, KTP, Akta dan sebagainya. Ketika saya ke teman katanya cukup bawa KTP dan paspor lama. Akhirnya mintalah orang tua di rumah untuk mengirim semua dokumen-dokumen yang ternyata tidak jadi diperlukan.

Syarat perpanjangan paspor yang dibutuhkan adalah:

  1. Fotokopi KTP dan KTP asli
  2. Fotokopi paspor dan paspor asli
  3. Surat keterangan kerja atau Kartu Tanda Mahasiswa bagi yang domisili diluar daerahnya.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar online di antrian.imigrasi.go.id. Bisa daftar lewat email dan Facebook. Silahkan pilih Kantor Imigrasi mana kamu akan mendaftar. Hal penting yang perlu diketahui adalah kamu hanya bisa mendaftar sekali setiap 30 hari. Gunakan sebaik mungkin. Kamu akan mendapatkan QR code yang perlu di print karena nanti akan ditanyakan di Kantor Imigrasi.

Saya memilih Kantor Imigrasi Ngurah Rai di Jimbaran Bali karena kerja di Bali. Saya kesana cuma membaya persyaratan perpanjangan paspor. Yakni KTP asli dan fotokopinya, paspor lama dan fotokopinya. Ketika datang kita akan ditanya kode booking online dan diberi map paspor warna coklat. Karena paspor saya akan expired Januari 2020 masih ada waktu lebih dari 6 bulan makanya ada syarat tambahan, yakni surat pernyataan bahwa kita akan memerlukan paspor baru karena butuh untuk pergi keluar negeri, visa, dsb nya.

Maka syarat perpanjangan paspor terbaru adalah

  1. Fotokopi KTP dan KTP asli
  2. Fotokopi paspor dan paspor asli
  3. Surat keterangan kerja atau Kartu Tanda Mahasiswa bagi yang domisili diluar daerahnya.
  4. Surat pernyataan perpanjangan paspor dengan nama, NIK, alamat dan alasan yang bertanda tangan dan bermaterai.

Kalau sudah lengkap semua perlu juga mengisi formulir yang sudah disediakan oleh Kantor Imigrasi. Setelah itu bisa mengantri untuk wawancara dan foto. Oleh petugas akan ditanya-tanya mengapa perpanjang, untuk keperluan apa, sekarang kerja dimana. Pertanyaan yang umum ditanyakan. Terus ada scan sidik jari dan foto.

Setelah semua selesai kita diberi slip untuk pembayaran yang bisa dibayarkan di bank atau dalam kasus saya dibayarkan di mobil milik bank di depan kantor imigrasi. Paspor kita akan selesai dalam waktu 3 hari kerja.

Hal Aneh

Jadi saya mendaftar untuk tanggal 13 Mei 2019, namun sempat saya cancel di website antrian.imigrasi. Saya sudah punya file QR code nya, print dan saya bawa ke Kantor Imigrasi. Saya pada awalnya takut bahwa tidak akan diterima karena sudah saya cancel. Namun sepertinya tetap bisa.

My name is Manaf, a full time learner. Passionate about sustainable development, environment, and youth education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *