Alhamdulillah, akhirnya pengumuman PKM didanai 2018 sudah muncul. jelas siapa-siapa saja yang proposal penelitian atau programnya didanai oleh DIKTI pada tahun 2018 ini.  Pengumuman proposal PKM Didanai untuk tahun ini sudah keluar semua. Di PKM Pendanaan 2018 ini Universitas Gadjah Mada menjadi universitas yang proposal PKM nya didanai paling banyak dengan 227 proposal disusul dengan Universitas Brawijaya sebanyak 175 proposal. Universitas lain yang selalu di lima besar seperti Institut Pertanian Bogor (140), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (148), Universitas Airlangga (110). Tahun ini, almamater saya turun sebanyak 24 proposal dan hanya ada di peringkat 10.

DOWNLOAD PENGUMUMAN DISINI

Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM merupakan suatu ajang lomba kreativitas ilmiah paling bergengsi di Indonesia. Meskipun banyak pihak yang menyelewengkan pendanaan PKM, seperti mengatakan PKM sebagai Program Korupsi Mahasiswa) karena anggaran dana yang dilimpahkan kadang terlalu besar, padahal dana hibah tersebut harus dihabiskan. Contohnya, kamu ingin membuat kripik dari limbah tebu, didanai 7,5 juta namun sebenarnya modal yang dibutuhkan hanyalah 5 juta. Maka 2,5 juta itu mau tak mau harus dihabiskan. Tak heran, kadang PKM dijadikan karir untuk mendapatkan uang berlebih.

Meskipun begitu, banyak mahasiswa yang mati matian untuk membuat riset dan programnya terbaik dengan mengeluarkan semua tenaga dan uang, terutama teman-teman dari PKMPE. Seperti tahun kemarin punya saya yang dana 10 juta nya habis dipakai untuk membeli bahan utama saja. Saya yakin masih banyak mahasiswa yang idealis dan karyanya bisa benar-benar- membawa perubahan, tidak hanya gengsi dan peringkat antar universitas, namun juga kebermanfaatan bagi dunia ilmiah.

 

My name is Manaf, a full time learner. Passionate about sustainable development, environment, and youth education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *