Sudah lama saya tidak menulis. Bukan berarti saya sudah tidak suka. Namun beberapa bulan ini saya lebih suka menulis di kepala saya sendiri. Aneh memang, namun begitulah nyatanya.

Selama enam bulan terakhir ini ada beberapa kabar gembira dan kabar menyedihkan berkumpul menjadi satu. Saya akhirnya berani mengambil keputusan untuk mengikuti kata hati saya. Namun saya juga kehilangan anggota keluarga saya yang saya cintai.

Setelah selama empat bulan bersama Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga sebagai translator jurnal, saya memutuskan untuk pindah pekerjaan ke bidang yang memang saya minati, yakni bidang lingkungan. Saya mendaftar ke salah satu NGO yang ada di Bali, ROLE Foundation. Saya disana bekerja sebagai Environmental Educator dan juga mengurus bagian programs dan projects.

Banyak hal terjadi selama enam bulan ini, saya juga belajar banyak hal mengenai lingkungan, manajemen, kreativitas dan tentunya teman-teman baru. Saya harap semuanya akan terus bertambah baik dan berkembang.

Tahun depan resolusi saya dalam dunia tulis menulis adalah rajin menulis dan menuangkan ide dan pikiran dalam blog ini yang bisa dbermanfaat bagi orang lain. Selain itu semoga project tahun depan juga bisa jalan, terutama untuk LingkarArt, Akademi Hijau dan semoga satu lagi project yang benar-benar bisa membawa kebermanfaatan.

My name is Manaf, a full time learner. Passionate about sustainable development, environment, and youth education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *