Selamat bagi kamu yang lolos SNMPTN di kampus impian! Aku yakin banyak yang ingin masuk jurusan Kedokteran (bagi IPA) dan Manajemen (bagi IPS). Well, congratulations! You guys are one step closer to your dream. If indeed, your chosen program is what you like to do in the future.

Seumur hidup, saya tidak pernah merasakan apa yang dinamakan SNMPTN. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan ini saya tidak pernah tahu bentuk dan caranya seperti apa karena saya tidak pernah ikut jalur ini. Jadi saya tidak tahu euforianya seperti apa. Saya Cuma tahu bahwa teman saya lolos SNMPTN, Alhamdulillah.

Jadi waktu di SMA dulu, saya masuk ke program persiapan untuk kuliah di luar negeri. Jadi anak-anak yang mengambil IGCSE lebih dari 4 atau 5 mata pelajaran dan nilainya bagus bisa ikut seleksi untuk masuk ke kelas ini. Jadi fokus kami adalah daftar S1 di US sehingga ada persiapan kelas Bahasa Inggris khusus dan SAT bersama Keith dan Kak Sandy dari Putra Sampoerna Foundation.

Ketika sudah lolos program, ada dua pilihan. Kamu masuk dan fokus untuk kesana namun tidak bisa ikut undangan atau kamu mundur dan bisa ikut jalur SNMPTN. Karena kalau sudah daftar di US kemudian diterima disini kan kita harus mengambil undangan kita agar sekolah tidak di black list. Akhirnya saya memilih pilihan yang pertama dan tidak pernah ikut SNMPTN.

Sialnya lagi, program untuk ke US ini mengalami perubahan sehingga yang aslinya 20 anak menjadi hanya 5 anak (If I am not mistaken). Jadi ketika pengumuman SNMPTN ada yang bahagia masuk kampus impian, saya cuma bisa memberi selamat dan ikut bahagia. Karena sudah jelas saya tidak masuk.

Jadi bagi kamu yang tidak lolos SNMPTN. Masih ada seribu jalan untuk masuk perguruan tinggi. Masih ada SBMPTN, jalur kemitraan, jalur khusus, jalur mandiri, jalur tikus (eh, jangan ini).

Selalu ambil positif dari musibah yang menimpa kamu. Tidal lolos SNMPTN mungkin karena memang bukan rejeki. Jurusan itu ternyata bukan jurusan yang kamu butuhkan, tapi hanya kamu inginkan. Jurusan yang kamu pilih mungkin banyak pesaing sehingga kamu kurang beruntung.

Trust me, SNMPTN kata teman-teman aku lebih banyak factor keberuntungan bermain dibandingkan dengan nilai rapor kamu. Memang dia berperan, tapi yang menentukan tulisan Lulus dan Maaf di monitor pengumuman SNMPTN kamu bisa saja seberapa jauh dan kuat doa kamu ke Tuhan yang Maha Kuasa.

So, wake up! Kencangkan tali doa dan usaha. Masih ada SBMPTN di depan mata. Good luck!

My name is Manaf, a full time learner. Passionate about sustainable development, environment, and youth education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *